Templates for Blogger, Facebook, Twitter and Orkut - Click here»

Senin, 11 April 2011

Sejarah Sepak Bola

Sepak Bola adalah olahraga terpopuler  di dunia. Bahkan kita sering memainkannya. Tidak pas rasanya jika kita tidak mengenal sejarah permainan ini. Saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang sejarah permainan ini.

Tidak ada yang tahu dengan pasti dari mana olahraga ini berasal. Para ahli sejarahpun sampai saat ini belum bisa mengungkapkan asal mula dan pencipta permainan sepak bola ini. Di jaman Cina Kuno ada permainan sepak bola dengan menggunakan bola dari kulit sapi yang di beri nama "tanchu", pada jaman Dinasti Han. Pada jaman Romawi permainan ini disebut "haspartun". Lalu di Perancis hingga menyebar ke Normadia dan Britania, dikenal dengan "choule". Dan di jaman Yunani Kuno di sebut "epishyros" dan di Jepang disebut "kemari".

Ketika sepak bola semakin populer dan banyak di mainkan di seluruh dunia, di Inggris didirikan badan yang mengatur permainan sepak bola modern yang bernama "English Football Assosiation" didirikan pada tanggal 26 Oktober 1863. Dan badan ini membuat peraturan-peraturan dalam sepak bola modern pada tanggal 8 Desember 1863. Dan pada 21 Mei 1904 didirikan ferderasi sepak bola internasional dengan nama "Federation Internasional de Football Assosiation" atau di sebut "FIFA". FIFA didirikan atas usulan Guerin dari Perancis. Dan pada tahun 1930 Piala Dunia sepak bola pertama di gelar di Montevideo, Uruguay.

Di Indonesia, sepak bola di bawa oleh para kompeni Belanda. Pada tahun 19 April 1930 didirikan "Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia" atau di sebut "PSSI". Ketua PSSI pertama adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Dan untuk menghargai jasa-jasanya terhadap upayanya membina serta mempertahankan PSSI, maka pada tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat remaja yang bernama "PIALA SOERATIN" atau "SOERATIN CUP". Selain itu juga didirikan lapangan sepak bola Soeratin di Jakarta Utara.


Semoga sejarah singkat tentang permainan Sepak Bola yang saya informasikan, bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita. Terima kasih atas perhatiannya.

0 komentar: